Info Sekolah
Jumat, 21 Jun 2024
  • Mohon Maaf, Web Masih Dalam Tahap Perbaikan oleh Team Developer SMK Muda Gresik
  • Mohon Maaf, Web Masih Dalam Tahap Perbaikan oleh Team Developer SMK Muda Gresik
6 November 2023

Kunjungan Alumni SMK Muhammadiyah 2 Gresik: Menyemai Harapan dan Inspirasi Bagi Siswa Kelas XII

Sen, 6 November 2023 Dibaca 12x Berita Sekolah / Blog

Dalam upaya untuk memberikan dorongan dan wawasan yang berharga kepada siswa-siswa SMK Muhammadiyah 2 Gresik, Tim Bimbingan Konseling dan Bursa Kerja Khusus (BK-BKK) SMK Muda mengundang beberapa Alumni berprestasi pada kegiatan Bimbingan Karir pada Selasa 5/11/2023. Alumni yang didatangkan adalah mereka yang mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi dan mereka yang telah bekerja di perusahaan sesuai dengan keahlian mereka.

Salah satu poin utama yang disampaikan oleh para alumni adalah cara untuk mendapatkan beasiswa. Mereka membagikan tips dan trik tentang persiapan yang diperlukan, pengajuan aplikasi beasiswa, serta bagaimana mencapai prestasi akademik yang dapat meningkatkan peluang mendapatkan beasiswa. Baik beasiswa dari universitas negeri maupun swasta. Para alumni membagikan pengalaman berharga mereka tentang bagaimana menghadapi persaingan ketat dalam mendapatkan bantuan pembiayaan untuk pendidikan.

Maulidiya, salah satu alumni mengungkapkan betapa pentingnya persiapan sebelum mendaftarkan diri dalam program beasiswa di perguruan tinggi. “Jika sudah berniat untuk kuliah melalui jalur beasiswa, maka siapkan segala sesuatunya. Daftarkan diri kalian di gelombang pertama sehingga kalian punya lebih banyak waktu untuk memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan baik itu syarat administrasi maupun belajar latihan soal secara lebih mendalam,” ujarnya.

Sukses di Dunia Kerja

Tidak hanya fokus pada pendidikan tinggi, ada juga alumni yang diundang untuk menceritakan pengalaman mereka di dunia kerja. Beberapa di antara mereka berhasil bekerja di salah satu perusahaan besar di Gresik, memberikan inspirasi kepada siswa-siswa untuk meraih karir yang sukses melalui jalur BKK SMK Muda.

Siti Mardiyah,S.Psi. selaku guru Bimbingan Konseling (BK) SMK MUDA mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk mengarahkan dan memotivasi kepada siswa-siswi kelas XII yang sebentar lagi akan lulus.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program BK dan BKK agar para siswa nantinya terarah dalam memilih kampus dan perusahaan yang cocok untuk mereka, serta para siswa mengetahui langkah-langkah atau tahapan-tahapan untuk mendapatkan beasiswa, baik itu KIP atau beasiswa yang lain yang cocok untuk mereka”, ungkapnya.

Sedangkan menurut Fikri Putra siswa kelas XII Kimia Industri mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan memotivasi dirinya.  “Saya jadi tahu langkah mau melamar pekerjaan mulai dari mencari info lowongan, cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan menghadapai interview kerja yang baik,” terangnya.

Berbeda dengan Sheila Nabila Hendriani XII Manajemen Perkantoran (MP), dia berpendapat bahwasannya kegiatan temu alumni ini membuat dirinya semakin semangat memilih kampus yang dia idam-idamkan. “Sekarang saya menjadi tahu bahwasannya banyak beasiswa yang bisa saya dapatkan asalkan saya rajin update info baik dari internet maupun ke kampus. Dengan adanya beasiswa saya bisa membantu meringankan sedikit beban keluarga,” imbuhnya.

Inspirasi Bagi Siswa Kelas XII

Kehadiran para alumni dan pengetahuan yang mereka bagikan sangat memotivasi siswa-siswa kelas XII. Mereka meninggalkan pesan bahwa dengan kerja keras, tekad yang kuat, dan tekun belajar, semua hal yang diimpikan bisa menjadi kenyataan. “Semoga kunjungan ini dapat menginspirasi siswa-siswa untuk menjalani perjalanan pendidikan dan karir mereka dengan semangat yang tinggi,” pungkas Susi Pangestuti Ketua BKK SMK Muda.

Kunjungan alumni ini adalah contoh yang sempurna tentang bagaimana pengalaman masa lalu dapat memberikan cahaya dan petunjuk kepada generasi mendatang. Dengan semangat dan tekad yang sama, siswa-siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Gresik diharapkan dapat mengatasi setiap tantangan yang ada di depan mereka dan meraih kesuksesan yang mereka impikan. (Maria Hanim)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar