Info Sekolah
Rabu, 15 Mei 2024
  • Mohon Maaf, Web Masih Dalam Tahap Perbaikan oleh Team Developer SMK Muda Gresik
  • Mohon Maaf, Web Masih Dalam Tahap Perbaikan oleh Team Developer SMK Muda Gresik
6 Mei 2024

Pameran Tugas Akhir Kimia Industri SMK Muhammadiyah 2 Gresik: Menggali Kreativitas Siswa untuk Masa Depan

Sen, 6 Mei 2024 Dibaca 4x Berita Sekolah / Konsentrasi Keahlian

Pada Selasa, 30 April 2024, SMK Muhammadiyah 2 Gresik menggelar Pameran Tugas Akhir siswa kelas XII Kimia Industri. Kegiatan yang menjadi salah satu syarat kelulusan ini menampilkan produk-produk kimia karya siswa yang dihasilkan dari inovasi dan penelitian mereka selama masa studi.

Kepala Program Keahlian Kimia Industri, Devi Nurwidya, S.Pd, menyatakan bahwa pameran ini bertujuan untuk menguji kompetensi siswa dalam berinovasi dan mengembangkan produk kimia yang memiliki potensi untuk diterapkan di industri.

“Kegiatan ini tidak hanya sekadar syarat kelulusan, tetapi juga kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan kemampuan dan kreativitas mereka dalam menciptakan produk kimia yang bermanfaat,” ungkap Nurwidya.

Setiap siswa diwajibkan untuk membuat produk kimia karya mereka sendiri, yang kemudian dipamerkan dan dievaluasi oleh pengunjung serta penguji tugas akhir. Dalam pameran ini, para siswa dengan bangga memaparkan produk-produk mereka mulai dari proses pembuatan hingga latar belakang inovasi yang menjadi inspirasi bagi karya mereka.

Salah satu siswa, Dimas Andrian, mempresentasikan produknya berupa Briket alami dari limbah sekam yang ramah lingkungan. Dimas menjelaskan bahwa produknya tidak hanya aman bagi kesehatan dan lingkungan, tapi juga sebagai cara pemanfaatan limbah yang ada di sekitarnya.

“Saya berharap produk ini dapat menjadi solusi bagi masalah limbah serta mampu menjadi alternatif penggunaan bahan bakar minyak yang semakin mahal ,” ujar Dimas dengan penuh semangat.

Tak kalah menarik, Fath Valentino menyajikan produknya berupa Pewarna Rambut alami yang terbuat dari buah naga. “Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan pewarna rambut, saya mencoba untuk menciptakan produk yang dapat mengurangi dampak negatif penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak kesehatan rambut,” jelas siswa yang akrab dipanggil Valen ini.

Para pengunjung, yang sebagian besar terdiri dari guru serta siswa kelas X dan XI, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kreativitas dan kerja keras para siswa. Mereka juga memberikan masukan dan saran untuk pengembangan lebih lanjut atas produk-produk yang dipamerkan.

Nurul Alfitrotul, ST, salah satu guru pembimbing sekaligus penguji tugas akhir menyampaikan bahwa pameran tugas akhir ini tidak hanya menjadi ajang untuk mengevaluasi kemampuan siswa, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkenalkan potensi-potensi baru dalam bidang kimia industri.

“Melalui inovasi yang ditampilkan, diharapkan siswa dapat terus mengembangkan bakat dan minat mereka dalam menciptakan solusi-solusi kreatif bagi tantangan-tantangan masa depan,” imbuhnya.

Berikut ini daftar karya Tugas Akhir Siswa Kelas XII Kimia Industri SMK Muhammadiyah 2 Gresik :

  1. Adit – pembuatan briket tempurung kelapa
  2. ⁠Aldy – Pembuatan tinta organik dari daun jambu biji
  3. ⁠Yacti – pembuatan minyak rambut
  4. ⁠Fitri – pembuatan pengharum ruangan
  5. ⁠Fikri – pembuatan lilin aromaterapi lavender
  6. ⁠Fitrotul – pembuatan briket minyak kayu putih
  7. ⁠Andika – pembuatan pavingblock limbah sampah plastik
  8. ⁠Sidiq – pembuatan minyak angin aroma terapi
  9. ⁠Tomas – pembuatan briket ampas tebu
  10. ⁠Dimas- pembuatan briket dari sekam padi
  11. ⁠Valen – Pembuatan pewarna rambut alami
  12. ⁠Fathir – Pembuatan pestisida alami
  13. ⁠Zulfan – pembuatan briket dari limbah kayu

(Syuhud Immawan)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar