Workshop Branding Sekolah Bersama Nanang Sutedja, SE. MM

Memasuki Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023-2024, SMK Muhammadiyah 2 (SMK Muda) Gresik mengadakan workshop bertajuk “Penguatan Branding Sekolah Untuk Meningkatkan Jumlah Siswa” dengan mengundang Ketua Majelis Dikdasmen PCM GKB Gresik Nanang Sutedja, SE. MM sebagai pembicara utama.

Tak hanya dihadiri oleh guru dan karyawan SMK Muda Benjeng, workshop yang diadakan pada Kamis 05/01/23 ini juga dihadiri kepala sekolah dan tim PPDB dari sekolah-sekolah di bawah naungan PCM Benjeng antara lain TK ABA, SD Muhammadiyah dan SMP Muhammadiyah 8 Benjeng.

Nanang sutedja, SE.MM

Nanang sutedja, SE.MM

Pada sambutan pembukaan acara, H. Achwan Hariyanto, M.Pd selaku Ketua Majelis Dikdasmen Benjeng menyampaikan kegembiraannya atas terlaksananya kegiatan ini. Selain itu dia menekankan agar sekolah Muhammadiyah di Benjeng selalu meningkatkan kualitas pendidikannya sehingga bisa menambah kepercayaan atau “trust” dari masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah Muhammadiyah.

“Jika kita bisa meningkatkan branding dan kualitas pendidikan di sekolah kita, insya Allah bisa menambah trust atau kepercayaan masyarakat untuk menitipkan anak mereka ke sekolah kita,” tegasnya.

Sementara pada materi utama workshop ini, Nanang Sutedja, SE. MM menyampaikan banyak hal terkait marketing sekolah. Dalam paparannya, pria yang akrab dipanggil Pak Nanang ini menjelaskan lima langkah dalam meningkatkan marketing yang bisa dilakukan sekolah. Pertama adalah searching opportunity, mencari peluang baru. Sekolah harus bisa mencari cela dan peluang baru dalam ‘menjual’ sekolah kepada pelanggan.

Setelah berhasil menemukan peluang baru, tahapan kedua adalah melakukan riset disusul dengan utilize idea  atau memanfaatkan ide untuk mengembangkan merk atau brand sekolah. Setelah itu melaksanakan penetrasi pasar dan yang terakhir adalah Incredible Result  atau hasil yang luar biasa.

Team Majelis Dikdasmen PCM GKB menunjukkan produk unggulan SMK Muda Benjeng

Team Majelis Dikdasmen PCM GKB menunjukkan produk unggulan SMK Muda Benjeng

“Untuk bisa mencapai hasil yang maksimal maka harus ada usaha cerdas dan kerja keras yang sesuai dengan sasaran matrik pelanggan, yaitu kepuasan (satisfaction), loyalitas, dan retention order, pembelian berulang,” sambungnya.

Selain itu, dalam pemaparan materinya, pria yang juga menjabat sebagai Direktur PT. Varia Usaha Fabrikasi ini juga berkali-kali menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi di antara sesama lembaga pendidikan di lingkungan Muhammadiyah Benjeng.

Dia menekankan bahwa jika ingin maju maka sekolah harus bersinergi dan berkolaborasi dengan pihak lain. “Sinergi itu tujuannya menguatkan. Mari kita jadikan sinergi ini sebagai kebiasaan atau habit  dalam memajukan sekolah. Kepala sekolah jangan hanya duduk nyaman di kantor, harus banyak bersilaturahmi ke lembaga lain yang menjadi pemasok siswa di sekolahnya” ujarnya menyemangati peserta workshop.

Selain materi tentang marketing sekolah, dalam workshop ini juga dipaparkan materi lain tentang pentingnya SMK untuk memiliki networking yang kuat dengan pihak dunia usaha dan industri yang disampaikan oleh Siswahyono yang juga menjabat sebagai Bendahara Majelis Dikdasmen PCM GKB.

Foto bersama tim PPDB Muhammadiyah Benjeng dengan Team Narasumber

Foto bersama tim PPDB Muhammadiyah Benjeng dengan Team Narasumber

Dalam materinya, dia banyak menyinggung tentang banyaknya peluang yang bisa dimanfaatkan oleh SMK dari dunia industri mulai dari pelatihan, pemagangan hingga penyerapan lulusan. “Insya Allah dalam waktu dekat ini akan ada perekrutan besar-besaran pada proyek Smelter di Gresik. Jika sekolah mau, maka kami siap menjembatani antara sekolah dengan perusahaan selaku user,” sambungnya.

Setelah kedua materi itu selesai dipaparkan, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dalam nuansa diskusi ringan antara peserta dengan para narasumber. Salah satu peserta mengaku puas dengan adanya kegiatan ini. “Alhamdulillah, banyak sekali  pencerahan yang kami dapatkan dari workshop kali ini. Mudah-mudahan bisa kami implementasikan bersama tim marketing sekolah kedepannya,” ujar Achmad Taufik, S.Pd Kepala SD Muhammadiyah I Benjeng.

Tepat pukul 11.00 WIB acara workshop inipun diakhiri dengan sesi penyerahan cindera mata antara kedua belah pihak dan foto bersama. (Syuhud Immawan)