Wisuda Purna Siswa SMK Muhammadiyah 2 Gresik ke 27 Tahun Pelajaran 2021-2022

Pelepasan sekaligus perpisahan siswa kelas XII merupakan salah satu agenda rutin yang diadakan oleh SMK Muhammadiyah 2 Gresik. Agenda ini dilaksanakan setiap tahun setelah semua proses pembelajaran dan ujian kelas XII selesai dilaksanakan. Meskipun tahun kemarin agenda ini diadakan secara sederhana dan hanya dihadiri oleh para wisudawan saja karena pandemic COVID-19, tahun ini acara perpisahan dan pelepasan siswa kelas XII kembali dilaksanakan secara meriah pada hari Sabtu, (4/6) di halaman SMK MUDA.

Dr. Eko Budi Laksono

Rektor UMG Dr. Eko Budi Laksono, ST, MT Menyampaikan Kuliah Umum

Acara ini dihadiri seluruh siswa kelas XII, wali murid, para guru, serta dihadiri oleh beberapa tokoh ternama seperti Pimpinan Kepala Cabang Muhammadiyah Benjeng, Perwakilan dari DIKDASMEN Muhammadiyah Benjeng, dan Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik.  Acara ini dilaksanakan bukan hanya semata mata untuk pelepasan siswa kelas XII yang telah menyelesaikan masa belajarnya di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Melainkan acara ini juga sebagai ajang silaturrahmi antar siswa, wali murid, dan warga sekolah  (para Guru dan staff).

Tari Remo Wisuda

Penampilan Tari Remo oleh Vica (XI OTKP)

Wisuda Purna siswa kali ini digelar dengan konsep panggung gembira. Meskipun begitu, acara pelepasan dan perpisahan kelas XII berjalan dengan khidmat dan meriah, Acara ini dibuka dengan tarian tradisional dari Jawa Timur, yaitu Remo, kemudian para wisudawan memasuki ruang wisuda diiringi oleh PASMUDA. Sebelum memasuki acara inti yakni prosesi wisuda, tentunya para wisudawan mendapatkan amanat dan motivasi dari Bapak Syuhud Immawan, S.S (Kepala SMK MUDA), dan Bapak Dr. Eko selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik.

 

Dalam pidatonya, Pak Iwan (Kepala SMK MUDA) mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada para guru dan staff administrasi yang telah dengan ikhlas membagi ilmunya serta melayani seluruh alumni selama 3 tahun yang lalu. Pak iwan juga menyampaikan terima kasih dan selamat kepada alumni yang telah dinyatakan lulus dan mendoakannya menjadi orang-orang yang sukses di dunia dan akhirat.

“Bapak/Ibu Guru serta Wali Murid semua, saya ucapkan terima kasih atas keikhlasannya membimbing anak-anak serta telah memberikan pelayanan terbaik untuk anak-anak kita semua. Semoga jerih payah Bapak/Ibu semua berbuah manis, dengan menjadikan anak-anak yang sukses dunia dan akhirat, Amin. Bapak/Ibu para siswa/i nantinya akan kembali ke orangtua dan masyarakat, semoga anak-anak kami semua menjadi sosok pribadi yang lebih dewasa baik secara berpikir maupun bertindak dalam menentukan masa depannya. Kita doakan semoga sukses selalu dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan di perguruan tinggi, berwirausaha ataupun bekerja” tutur Pak Iwan.

Pesan yang diperoleh para siswa tidak hanya dari Pak Iwan, melainkan Dr. Eko (Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik juga menyampaikan motivasi kepada alumnus SMK MUDA. Motivasi tersebut berisi tentang pilihan Siswa SMK setelah lulus.

“Anak-anakku sekalian, saat ini kalian telah dinyatakan lulus, lalu langkah apa yang akan kalian ambil selanjutnya? Ada 3 pilihan, yakni bekerja, melanjutkan studi dan wirausaha. Apaun pilihannya, para wisudawan kader Muhammadiyah harus menjaga nilai semangat Al Maun yakni tolong menolong, menjaga nilai semangat Al Insyiroh yakni optimis, dan menjaga nilai Asshof yakni sinergitas” Tutur beliau. “Makna ta’awun untuk negeri itu harus diwujudkan dalam semangat ukuwah, semangat gotong royong” Ujar Dr. Eko. Dalam artikel Humas UMG (2022, Juni 04).

Pesan dan Kesan Wisudawan

Pesan dan Kesan Wisudawan oleh Lutfi (Kelas XII Kimia Industri)

 

Setelah pesan dan motivasi dari Pak Iwan dan Dr. Eko, para siswa/I yang telah dinyatakan lulus, melaksanakan prosesi wisuda dan pembacaan ikrar wisuda oleh perwakilan dari wisudawan. Acara tersebut juga dilanjutkan dengan pemberian penghargaan dari sekolah kepada Siswa/I yang berprestasi pada setiap kopetensi keahlian dan ditutup dengan perwakilan siswa yang memberikan pesan kesan selama sekolah di SMK MUDA.

rona entertainment lamomgan

rona entertainment lamongan

Tidak cukup sampai disitu Wisuda purna siswa kali ini juga dimeriahkan oleh  Rona Entertaiment (Acoustic Band), dan penampilan dari siswa/I kelas X berupa tarian melayu dan penampilan menyanyikan lagu-lagu kekinian sebagai acara hiburan.  (Nurul A. & Ulfi F. R)