Upacara Bendera SMK Muhammadiyah 2 Gresik, 7 Februari 2022

Pagi di hari Senin, 7 Februari 2022 diselimuti oleh awan mendung yang menggelayut. Sinar matahari yang mestinya mulai cerah menghangatkan kulit warga sekolah, tak menampakkan digdayanya karena tertutup sang awan.

Akan tetapi, meski mendung cuacanya, bunga-bunga di taman SMK Muda Benjeng tetap merekah segar karena terguyur hujan tadi malam. Ikan-ikan di kolam tamanpun tampak bersemangat berebut makanan yang ditaburkan oleh Cak Soleh.

Pagi itu, rutinitas hari Senin berjalan seperti biasanya. Jam 06.20 siswa-siswi mulai berdatangan disambut Bu Yulia di depan gerbang. Para pendidikpun satu persatu hadir di sekolah tercinta. Tampak di ujung lapangan siswa-siswi kelas XII DKV tengah menyiapkan diri  sebagai Petugas Upacara hari itu. Ada yang sibuk menyiapkan naskah upacara, ada juga yang tampak serius merapikan dasi dan jas almamaternya.

Sementara itu, di teras gedung lama, Pak Sahri tampak sibuk menyiapkan perangkat Audionya. Sebentar ia mengecek mic di tangan kanan, sementara tangan kirinya memutar settingan sound system untuk mendapatkan suara yang pas. Sibuk sekali dia, hingga tak sadar beberapa menit kemudian upacara bendera akan dimulai.

Tepat jam 06.45 para siswa sudah mulai berkumpul di lapangan sekolah. Bu Dwi, Bu Ismi dan beberapa guru yang lain tampak sibuk mengarahkan siswa untuk segera berbaris di lapangan. Meskipun ada saja siswa yang enggan beranjak, tapi ibu-ibu hebat itu tak pernah bosan “ngobrak” siswa untuk segera berbaris sesuai formasi.

Sepuluh menit kemudian, semua siswa sudah berbaris di lapangan. Petugas upacaranya pun sudah berderet rapi menunjukkan kesiapan memikul tanggung jawab di pundak mereka. Pak Faris, selaku Pembina Upacara sudah bersiap di posisinya.

“Anak-anak sekalian, upacara bendera akan segera dimulai. Mari kita laksanakan dengan tertib penuh kedisiplinan”, aba-abaku. Setelah semua siap, upacara bendera pagi itu pun dimulai dengan hikmat.

Dalam amanatnya, Pak Faris yang juga Wali Kelas XII DKV itu berpesan kepada peserta upacara untuk selalu mengingat jasa para pahlawan yang sudah mengorbankan jiwa raga mereka memerdekakan negara ini. “Kita bisa belajar dan beraktivitas sehari-hari dengan suasana nyaman seperti ini tak lepas dari jasa para pahlawan. Maka selayaknya kita menghargai mereka dengan cara mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan yang positif termasuk melaksanakn upacara bendera seperti ini”, ujarnya.

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasihnya kepada siswa kelas XII DKV yang sudah melaksanakan tugas mereka dengan penuh tanggung jawab. “Alhamdulillah, setelah berlatih dengan semangat Jumat dan Sabtu kemarin, akhirnya kalian bisa melaksanakan tugas kalian dengan baik hari ini. Terima kasih, hari ini sangat istimewa bagi saya”, pungkasnya mengakhiri amanat upacara. (Syuhud Immawan)

 

Petugas Upacara Senin 7 Februari 2022 :

  1. Pembeina Upacara                      : Pak Faris
  2. Pemimpin Upacara                     : Hermansyah
  3. Pengibar Bendera                        : Umar, Wahyu, Salsa
  4. Komandan Peleton                     : Bayu, Ahmad Yusuf, Ridwan
  5. Dirigen                                          : Warda
  6. Pembawa Susunan Upacara    : Bintang
  7. Pembaca UUD 1945                   : Kholis
  8. Pembaca Doa                               : Dimas
  9. Pembaca Janji Pelajar               : M. Firman
  10. Penjemput Pembina Upacara  : Erlangga
  11. Pembawa Teks Pancasila          : Rengga