Turut Andil Atasi Pengangguran, BKK SMK Muhammadiyah 2 Gresik Gelar Job Fair Bersama PT. Kawung

 

Job Fair SMK Muhammadiyah

Job Fair SMK Muhammadiyah 2 Gresik 2022

Salah satu tujuan utama pendidikan di SMK adalah menyiapkan lulusan yang kompeten untuk bekerja di perusahaan atau industri. Selain memberikan muatan keterampilan dalam kurikulumnya, SMK juga dituntut untuk memiliki Bursa Kerja Khusus (BKK) yang berperan dalam menjembatani sekolah dengan dunia kerja dalam menyalurkan lulusannya.

SMK Muhammadiyah 2 Gresik sendiri sudah memiliki BKK dimana salah satu program kerjanya adalah menyelenggarakan Job Fair atau Bursa Kerja di sekolah. Untuk merealisasikan programnya tersebut, BKK SMK Muda menggandeng PT. Kawung dalam gelaran Job Fair yang diadakan Sabtu, 28 April 2022 di Aula sekolah.

Kegiatan yang bertujuan untuk menghubungkan lulusan dengan perusahaan ini diikuti oleh 38 pencari kerja yang tidak hanya berasal dari alumni internal tapi juga dari masyarakat umum yang ingin mendapatkan kesempatan bekerja di sebuah perusahaan nasional di Gresik.

PT. Kawung

Foto Bersama Staff HRD PT. Kawung

Susi Pangestuti, S.Pd selaku ketua BKK mengatakan bahwa peserta yang ikut tersebut sudah melalui proses pemberkasan administrasi dan memenuhi persyaratan yang diminta oleh perusahaan terkait. “Dari sekitar 50 an peserta yang mendaftar online, 38 peserta yang lolos ini telah memenuhi syarat untuk mengikuti test tulis dari PT. Kawung”, ujarnya.

Job fair PT Kawung

Kegiatan ini sendiri berjalan dengan lancar secara keseluruhan. Diawali dengan acara pembukaan, proses seleksi hingga penutupan. Dalam sambutannya, Syuhud Immawan kepala SMK Muhammadiyah 2 Gresik menyampaikan apresisasinya atas kinerja BKK yang sudah banyak membantu menyalurkan alumninya ke dunia kerja. “Alhamdulillah, melalui Job Fair ini saya berharap agar lebih banyak lagi alumni yang terbantu dan mudah-mudahan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin dengan melibatkan lebih banyak perusahaan”, ungkapnya.

Sementara itu, HRD Area PT. Kawung, Heru Suhadak dalam sambutannya lebih banyak menyampaikan informasi tentang peraturan dan tata tertib di perusahaan. “Sangat penting bagi kalian untuk mengetahui seluk beluk peraturan di tempat kerja, sehingga kalian lebih siap beradaptasi ketika nanti diterima bekerja. Tidak sedikit para pekerja yang terpaksa keluar atau dikeluarkan karena tidak bisa menyesuaikan diri dengan aturan di perusahaan”, ungkapnya di hadapan peserta job fair.