Sensasi Baru Pemantapan Prakerin SMK MUDA Bersama Bapak Koramil

Salah satu program pembelajaran di SMK adalah praktik kerja industri (Prakerin), begitu pula di SMK Muhammadiyah 2 Gresik atau yang biasa disebut SMK MUDA . SMK MUDA sudah sejak lama telah menjalin kerja sama dengan berbagai bidang dunia usaha dan indsutri. Para siswa melakukan kegiatan prakerin sesuai dengan bidang keahlian atau jurusan yang diambil sesuai minat bakatnya. Siswa yang akan diberangkatkan ke tempat prakerin adalah siswa kelas XI.

Sebelum diberangkan ke tempat prakerin dan dinyatakan lulus seleksi pembekalan, seluruh siswa kelas XI diwajibkan mengikuti pembekalan dari sekolah sekitar satu bulan lamanya, yang dimulai sejak tanggal 11 Oktober – 2 November 2021. “Tujuan diadakan pemantapan prakerin adalah agar kesiapan anak-anak sebelum menjalankan prakerin di dunia usaha dan industri itu lebih matang. Baik dari skill, mental, maupun sikap mereka, akan digembleng sedemikian rupa agar mereka tidak canggung atau malu-malu di tempat prakerin”. Ujar Bapak Dwi Sembe Sigita selaku Ketua Prakerin 2021-2022.

Pembekalan yang diberikan sekolah yaitu materi seputar kegiatan prakerin sesuai bidang keahlian. Selain materi-materi yang diberikan oleh Bapak/Ibu guru, SMK MUDA juga mendatangkan Bapak Koramil untuk memberikan pembekalan atau pemantapan dalam hal kedisiplinan, baik disiplin waktu, berpakaian, dan berbicara yang baik di depan orang lain.

Sementara itu Bu Yulia selaku Koordinator Pemantapan Prakerin juga berkata, “Untuk pemantapannya bukan dari produktif mata pelajarannya, tetapi pemantapan berupa sikap, dan public speaking. Kemudian sengaja kita datangkan Bapak Koramil adalah agar suasana dan sensasi pemantapannya berbeda, karena selama ini pemantapan prakerin biasanya hanya dari Bapak/Ibu guru di sekolah. Selain itu kedisiplinan siswa adalah salah satu hal yang sangat diutamakan, sehingga SMK MUDA bekerja sama dengan Bapak Koramil, agar Bapak Koramil dapat membina para siswa dengan penuh ketegasan sesuai kesepakatan bersama sekolah”.

Adapun kesan dari beberapa siswa yang mengikuti pemantapan bersama Bapak Koramil, Elsa dan Niken siswa dari kelas XI OTKP berkata “pemantapan bersama Bapak Koramil selama 5 kali latihan itu ada cepeknya tapi seru bu.. kemudian kita juga jadi tahu gerakan-gerakan baris berbaris, karena kita kan juga nggak ikut paskib. Kita juga diajarkan disiplin waktu agar nanti prakerin terbiasa datang tepat waktu.”

Jadi, tujuan prakerin yang paling utama adalah meningkatkan kompetensi siswa dalam melatih kemampuan dalam dunia kerja. Selain itu, tujuan lainnya adalah agar dapat menjadi wadah dalam meningkatkan kualitas siswa SMK MUDA sesuai bidang keahlian masing-masing.