
Untuk menanamkan jiwa Entrepreneurship kepada semua siswa, SMK Muhammadiyah 2 Gresik (SMK Muda Benjeng) mengadakan kegiatan pengembangan diri yang bertema Marketing Day pada Rabu 26 Oktober 2022
Kegiatan ini bertujuan untuk menjual produk buatan siswa yang diproduksi masing-masing kelas. Produk yang dipasarkanpun bervariasi, mulai dari produk laundri, makanan ringan, jasa branding serta souvenir.
Dimulai pada pukul 08.00, kegiatan ini diawali dengan briefing dari Guru Pembimbing. Dalam briefing tersebut disampaikan pembagian tugas kelompok terkait dengan area penjualan. Pada Marketing Day kali ini, area penjualan dibatasi di area Benjeng dan sekitarnya. Adapun sasaran yang dituju oleh jurusan OTKP dan DKV adalah lembaga atau instansi, sedangkan jurusan Kimia Industri mengarah ke pengusaha Laundry di sekitar sekolah.
Setelah dilakukan briefing, semua kelompokpun mulai menyebar ke tempat yang dituju. Dengan didampingi oleh guru pendamping para siswa terlihat antusias untuk menawarkan produk dan jasa mereka masing-masing.

Siswa OTKP Mempromosikan produk Frozen Food-nya Kepada Wali Murid TK
Siswa OTKP dengan percaya diri menawarkan berbagai produk Frozen Food seperti Nugget Ayam, Risol Mayo, Dim Sum dan Tahu Bakso. Adapun siswa DKV tak kalah semangatnya menawarkan jasa branding produk dan souvenirnya ke sekolah-sekolah sekitar.
Yang menarik dari kegiatan ini adalah para siswa mampu menjual produk mereka dalam waktu kurang dari dua jam. Bahkan dari proses marketing ini ada banyak pemesanan produk dari konsumen. Salah satu kelompok dari kelas XII Kimia Industri bahkan mendapat pemesanan untuk produk Liquid Detergent (Sabun Cuci Cair) sebanyak lima belas liter dari salah satu pengusaha Laundry.
“Alhamdulillah, setelah melakukan demo dan memberikan tester kepada calon konsumen akhirnya mereka memesan Liquid Detergent kepada anak-anak” ujar Devi Nurwidya, S.Pd selaku Kepala Program Kimia Industri.

Siswa DKV Mempromosikan Jasa Branding di Sebuah Sekolah Dasar
Sementara dari jurusan OTKP juga mendapatkan pemesanan dari wali murid Taman Kanak-kanak yang mereka datangi. “Syukurlah, banyak yang memesan Nugget Ayam dan Risol Mayo buatan kami”, ujar Yasmin salah satu siswa kelas XII OTKP.
Marketing Day ini sendiri merupakan salah satu kegiatan pada Rabu Pede dimana setiap hari rabu diadakan kegiatan untuk pengembangan diri siswa. Kegiatannya pun bermacam-macam seperti Rabu Sehat, Ketarunaan, Public Speaking, Industri Mengajar dan lain-lain.
Dwi Sembe Sigita, Waka Humas SMK Muda mengatakan bahwa kegiata Rabu Pede merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan sekolah dalam rangka menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. “Siswa cenderung merasa bosan dengan KBM seperti pada umumnya, dengan kegiatan ini mudah-mudahan bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sekaligus memberi bekal kepada siswa keterampilan khusus yang bisa manfaaatkan kedepannya” katanya bersemangat. (Syuhud Immawan)