JADI MC DI ACARA PPKS, GURU INI TAMPIL LAYAKNYA SEORANG PRANATA ADICARA

Ada sebuah kejutan yang terjadi pada acara PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) di SMK Muhammadiyah 2 (SMK Muda) Gresik Selasa (13/12/22). Kejutan tersebut adalah penampilan Dwi Kustiyah, S.Pd ketika ditunjuk sebagai Master of Ceremony pada acara tersebut.

Tidak seperti pada acara formal lainnya yang menggunakan bahasa pengantar Bahasa Indonesia, kali ini Guru Bahasa Jawa tersebut membawakan acaranya dalam Bahasa Jawa layaknya seorang Pranata Adicara atau pembawa acara yang biasa memandu pesta perkawinan adat Jawa.

MC Pranata Adicara SMK Muhammadiyah 2 Gresik

Bu Dwi Kustiyah, S.Pd Pranata Adicara SMK Muhammadiyah 2 Gresik

Tanpa disangka sebelumnya, hal ini sontak membuat peserta yang hadir terkejut sambil tersenyum simpul mendengarkan susunan acara yang banyak menggunakan kosakata Bahasa Kawi (Bahasa Jawa Kuno) itu.

“Saya sempat terkejut ketika beliau membawakan acara seperti halnya MC acara Mantenan Adat Jawa, meskipun ada beberapa kata yang terdengar asing tapi akhirnya bisa mengikutinya juga,” kata Mudmaidah, S.Pd salah seorang peserta.

Ditemui setelah acara, wanita yang akrab dipanggil Bu Dwi tersebut mengatakan bahwa ia sengaja menggunakan Bahasa Jawa dalam membawakan acaranya karena ingin memberikan suasana baru pada acara tersebut.

“Selain itu, tentunya saya ingin menyampaikan pesan kepada semua yang hadir untuk memiliki kepedulian nguri-nguri (melestarikan) budaya Jawa. Sebagai seorang guru bahasa Jawa, saya juga ingin memberikan teladan bahwa guru juga harus bisa mempraktekan apa yang ia ajarkan kepada siswanya,”tegasnya.

Acara Inti PKKS

 Sementara itu, dalam acara PKKS tersebut, Dr. Elvi Wahyudi, M.M yang bertugas sebagai asesor dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya kegiatan PKKS  bagi sekolah. “PKKS yang digelar secara rutin setiap tahun ini bertujuan agar bisa menjadi alat evaluasi bagi Kepala Sekolah pada khususnya dan sekolah pada umumnya dalam menjalankan program sekolah,”ujarnya.

Dr. Elvi Wahyudi, MM Memberikan Arahan PKKS

Dr. Elvi Wahyudi, MM Memberikan Arahan PKKS

Selain itu, Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Gresik ini juga banyak memberikan motivasi kepada para guru yang hadir. “Menjadi guru harus didasari dengan ketulusan dalam bekerja. Ketika ketulusan itu hadir, maka akan berdampak pada Proses pembelajaran yang dilangsungkan oleh seorang guru. Kekompakan dalam bekerja juga harus selalu dijaga karena Allah akan memberikan limpahan Rahmat-Nya kepada ummatnya yang bisa menjaga kebersamaan dalam kebaikan,” tambahnya.

PKKS SMK Muhammadiyah 2 Gresik

PKKS SMK Muhammadiyah 2 Gresik

Setelah sambutan dan pengarahan selesai disampaikan, acara selanjutnya adalah penilaian terhadap program kerja perangkat sekolah dan guru. Semua wakil kepala sekolah, perangkat sekolah dan guru yang hadir tampak begitu bersemangat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengawas sekolah. Tepat jam 11.00 WIB, acara yang berjalan secara serius tapi santai tersebut selesai dan diakhiri dengan doa dan sesi foto bersama. (Syuhud Immawan)