Penutupan Program Kecakapan Kerja di SMK Muhammadiyah 2 Gresik

Setelah melaksanakan pembelajaran selama tiga puluh hari atau setara 150 Jam Pelajaran, akhirnya kegiatan PKK atau Pelatihan Kecakapan Kerja di SMK Muhammadiyah 2 Gresik ditutup dalam sebuah seremoni penutupan pada Jumat, 24 Desember 2021.

Acara yang dilakasanakan di Aula Sang Surya SMK Muhammadiyah ini dihadiri oleh seluruh peserta PKK, Instruktur, dewan guru dan perwakilan Koordinator Jaring Aspirasi Prof. Zainuddin Maliki.

Dalam sambutannya, Muslimun, SE selaku perwakilan dari team Prof. Zainuddin Maliki memberikan banyak motivasi kepada peserta didik. “Sebagai pemuda, kita harus bangkit memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa dengan keterampilan yang kita miliki termasuk keahlian desain grafis yang telah kalian peroleh melalui program PKK ini,” ujarnya.

Selain itu, pria yang akrab dipanggil Bang Imun ini juga mengatakan bahwa kita harus memiliki kemampuan untuk mengambil peluang dan membuat keputusan yang tepat untuk membantu peningkatan ekonomi keluarga dan bangsa dengan skill yang kita miliki.

Sementara Ketua Panitia Program PKK, Fachrisal Alfarisi menyampaikan dalam sambutannya tentang pentingnya silaturahmi dan kolaborasi diantara peserta PKK. “Meskipun telah menyelesaikan pelatihan ini, saya berharap agar peserta tetap menjalin silaturahmi dan berkolaborasi dalam meningkatkan kemampuan Desain Grafisnya, ” ungkapnya.

Semua peserta tampak sumringah karena dalam Ujian Kompetensi Keahlian yang diadakan sehari sebelumnya dinyatakan Lulus dan Kompeten oleh asesor dari LSP P3 Teknologi Informatika. “Kami merasa senang hari ini karena semua rangkaian pelatihan telah kami lalui dan dinyatakan kompeten oleh pihak LSP,” ujar Hariyanto salah satu peserta PKK.

Program pelatihan ini sendiri adalah program yang diselenggarakan oleh Dirjen Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bertujuan untuk memberikan pelatihan profesional kepada remaja berusia produktif agar siap memasuki dunia kerja di industri yang membutuhkan. (Syuhud Immawan)