Penandatanganan MoU Kerjasama SMK Muda Benjeng dengan PT. Exago Institut
Penyerahan MoU Kerjasama antara SMK Muhammadiyah 2 Gresik & PT. Exago Institut

Rabu, 25 Agustus 2021 menjadi tonggak awal dijalinnya kerjasama antara SMK Muhammadiyah 2 Gresik (SMK Muda Benjeng) dengan PT. Exago Institut.

Dalam sebuah acara sederhana yang diselenggarakan di sekolah, kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak ini dihadiri langsung Nanang selaku Direktur PT. Exago Institut dan Kepala SMK Muda, Syuhud Immawan beserta para guru dan karyawan.

Selain seremoni penandatanganan MoU, dalam acara ini Pak Nanang (begitu ia biasa disebut) juga menyampaikan wawasan tentang pentingnya menyiapkan siswa untuk memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia industri saat ini.

“Tantangan dunia kerja di era 4.0 sangat besar. Jumlah peluang pekerjaan jauh berbanding dengan jumlah lulusan SMK, SMA atau perguruan tinggi. Untuk itu diperlukan lulusan SMK yang mampu bersaing dalam memperebutkan peluang kerja. Hard skill saja tidak cukup, softskill juga sangat diperlukan”, paparnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar kerjasama ini bisa betul-betul bisa diterapkan secara maksimal sehingga bisa memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa SMK Muda Benjeng sangat membutuhkan peran Dunia Industri atau Dunia Kerja dalam meningkatkan kompetensi siswa dan guru. Untuk itu, kami berharap agar point-point kerjasama yang terdapat dalam MoU ini bisa kami tindaklanjuti agar tidak hanya sebagai sekedar formalitas saja” Ujarnya dalam sambutan acara.

Selain itu, Susi Pangestuti selaku Ketua BKK juga mempunyai harapan yang sama tentang adanya kerjasama ini, “Insya Allah dengan kerjasama ini akan membuat kami lebih bersemangat dalam meningkatkan mutu lulusan kami, adanya kerja sama di bidang penempatan magang siswa dan guru, penyerapan lulusan di dunia kerja hingga sinkronisasi kurikulum sangat bermanfaat bagi sekolah kami. Terimakasih, PT. Exago Institut”, sambungnya.

Tepat jam 12.30, kegiatan penandatanganan MoU ini selesai ditandai dengan sesi foto bersama segenap guru SMK Muda Benjeng dengan Direktur PT. Exago Institut dan team.