Kolaborasi Antar Sekolah, Outbond Organizer “Maju Oke” Sukses Pandu Kegiatan Outdoor Guru SMK Muhammadiyah 2 Gresik

Dalam rangka membangun tim guru dan karyawan yang solid, SMK Muhammadiyah 2 (SMK Muda) Gresik menyelenggarakan kegiatan outbond di lokasi wisata Padusan Pacet Mojokerto selama dua hari 6–7/01/2023.

Kegiatan ini sendiri adalah salah satu program pengembangan sumber daya manusia (SDM) sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan dan kekompakan diantara guru karyawan dalam menghadapi Penerimaan Peserta Didik Baru 2023-2024.

Keseruan Peserta Outbound Guru SMK Muda Benjeng

Keseruan Peserta Outbound Guru SMK Muda Benjeng

Mudmaidah, S.Pd selaku Waka Kepegawaian mengatakan bahwa kesolidan di antara guru dan karyawan sangat dibutuhkan dalam menjalankan program sekolah khususnya dalam menghadapi PPDB tahun ini.

“Melalui outbond guru ini mudah-mudahan bisa membangun tim yang kompak dalam menjalankan setiap program yang telah direncanakan sebelumnya. Tanpa adanya kekompakan dalam tim tampaknya sulit untuk mencapai target PPDB yang diharapkan,” ungkapnya.

Selain outbond, dalam kegiatan ini juga diadakan sharing session semua peserta yang dilaksanakan di Villa Pondok Nuansa Pacet. Sharing session ini bertujuan untuk berbagi pendapat dalam mensukseskan PPDB dan program sekolah lainnya. Salah satu point penting yang dihasilkan dari acara ini adalah dirumuskannya brand sekolah yang baru yakni “Sekolah Pencetak Pengusaha”.

Ketua Pelaksana Outbond Dwi Sembe Sigita, S.Pd. MM mengungkapkan bahwa dengan adanya brand baru ini diharapkan bisa menjadi acuan pengembangan sekolah dimana salah satu tujuan pendidikan di SMK Muda Benjeng adalah mengantarkan para lulusannya untuk menjadi pengusaha atau wirausahawan sukses yang bisa menciptakan produk atau jasa, tidak hanya mengandalkan bekerja di perusahaan.

 

Outbond Organizer Maju Oke

Ada satu hal yang menarik dalam kegiatan ini. Tidak lain adalah keterlibatan Outbond Organizer Maju Oke yang memandu kegiatan outdoor tersebut. Pemandu outbond yang merupakan unit usaha baru dari SD Muhammadiyah I Benjeng ini  berhasil menciptakan kegiatan ini berjalan dengan seru dan meriah.

Foto Bersama Peserta Outbond dan Pemandu Outbound dari SD Muh 1 Benjeng

Foto Bersama Peserta Outbond dan Pemandu Outbound dari SD Muh 1 Benjeng

Diawali dengan dinamika pembagian kelompok yang mengundang gelak tawa di antara para peserta, outbound ini dilanjutkan dengan berbagai permainan yang mengutamakan kerjasama tim.

Sri Ustami, S.Pd salah seorang guru mengaku sangat puas dengan adanya kegiatan seperti ini. “Alhamdulillah, kegiatan outbond berjalan dengan sangat seru. Pemandunya pun sangat kreatif dan enerjik. Mudah-mudahan bisa terus bisa berkolaborasi di kegiatan lainnya,” ujarnya bersemangat.

Outbond Organizer Maju Oke ini sendiri didirikan atas inisiatif dari beberapa orang guru SDM I Benjeng setelah dipercaya oleh beberapa lembaga untuk memandu kegiatan outbond mereka. “Pada awalnya hanya coba-coba saja membantu lembaga lain menyelenggarakan outbond, ternyata berikutnya malah mendapat respon positif sehingga lama kelamaan semakin banyak mendapatkan kepercayaan. Sehingga akhirnya dengan tekad yang kuat akhirnya kami mendirikan “Maju Oke” ini ,” ujar Ahmad Taufik, S.Pd Kepala SDM I Benjeng.

Digawangi oleh beberapa guru SDM I Benjeng, unit usaha ini sudah menyiapkan kegiatan yang bervariasi sesuai dengan permintaan konsumennya. “Sebetulnya tak hanya permainan saja yang kami berikan tapi juga motivasi pengembangan karakter kebersamaan tim selalu kami tekankan di sela-sela kegitan outbond,” ungkap Muhib, S.Pd salah satu pemandu Maju Oke Outbond Organizer.