Keseruan Aksi Pertama MUDA’S Expo School 2022

Menyambut tahun ajaran baru pada tahun 2022-2023, SMK Muhammadiyah 2 Benjeng mengadakan pelatihan kemampuan yang tersedia atau yang diampu di SMK MUDA kepada adik-adik SMP Negeri maupun Swasta di kawasan Benjeng, Balong Panggang, dan Cerme. Beberapa pelatihan yang ditawarkan anatara lain dari jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Kimia Industri (KI) dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Pelatihan tersebut berjudul MUDAS Expo School dengan tema Learn today for a bright future.

SMP yang pertama kali datang ke SMK Muhammadiyah 2 Benjeng untuk mengikuti pelatihan adalah SMP Negeri 24 Gresik pada hari Senin (17/01/2022). Pelatihan yang dipilih oleh SMP Negeri 24 Gresik yaitu OTKP dan KI. Peserta yang hadir sejumlah 30 siswa, sehingga pelatihan harus diroling secara bergantian dengan jumlah maksimal 15 siswa per jurusan.

Pelatihan ini dilakukan dalam upaya menciptakan generasi muda yang berkualitas, dan memiliki rencana masa depan yang lebih baik dalam melanjutkan sekolah jenjang selanjutnya. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Syuhud Immawan, S.S selaku Kepala SMK MUDA bahwa pelatihan ini diharapkan sangat bermanfaat untuk anak-anak yang hadir, serta dapat menciptakan generasi yang siap dengan perencanaan masa depan menuju jenjang sekolah selanjutnya. Selain itu Pak Iwan juga mengatakan bahwa pelatihan ini diharapkan tidak hanya diikuti oleh siswa SMP kawasan Benjeng, Balong Panggang dan Cerme, tetapi bisa diikuti oleh seluruh siswa SMP di kawasan Gresik.

Para peserta SMPN 24 Gresik yang datang didampingi oleh Bapak H. Mutholib wakil kesiswaan, sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. “Terima kasih kepada SMK Muhammadiyah 2 Benjeng atas pelatihan yang diberikan kepada siswa SMPN 24. Semoga pelatihan ini dapat bermanfaat bagi anak-anak, serta semoga hasil dari penelitian ini anak-anak dapat melanjutkan sekolahnya sesuai minat dan bakatnya di SMK Muhammadiyah 2 Benjeng ini”. Ungkap Bapak H.Mutholib dalam sambutannya.

Sesi pelatihan MUDAS Expo School ini dikemas dengan acara yang sangat seru dan menyenangkan, pasalnya disetiap penjelasan materi yang disampaikan oleh pemateri selalu diselangi dengan game, kuis, serta pemberian doorprize yang sangat menarik. Para pemateri pelatihan tidak hanya dari Bapak/Ibu guru SMK MUDA, melainkan juga dari siswa-siswi berbakat di SMK MUDA.

Beberapa diantaranya pelatihan OTKP adalah berupa materi berniaga online atau melalui media sosial. Materi yang dipelajari yaitu marketplace Facebbok. Team OTKP yang menjelaskan atau mempresentasikan materi yaitu dari siswa-siswi SMK MUDA mulai dari kelas X-XII. Pendekatan lain yang dilakukan team OTKP dalam pelatihan tersebut yaitu dengan memberikan doorprize berupa bulpoin yang dikemas cantik dan menarik.

Begitupula dengan jurusan KI, pelatihan yang diberikan oleh team KI adalah pembuatan handsanitizer. Team KI yang terdiri dari siswa siswi KI yang dibantu dengan Bu Susan dan Bu Nabila mengajarkan kepada adik-adik dari SMPN 24 Gresik cara pembuatan handsanitizer dengan cara praktikum langsung di Lab.KI SMK MUDA. Game, kuis, dan doorprize juga mewarnai suasana pelatihan di dalam Lab.KI. Hadiah yang diberikan kepada para peserta pelatihan dari team KI berupa hasil praktik membuat handsantizer dan sabun cuci tangan hasil karya siswa siswi SMK MUDA.

Setelah melaksanakan pelatihan bersama team OTKP dan KI, sesi penutupan pelatihan tersebut para peserta kembali berkumpul di aula SMK MUDA untuk mengisi kuesioner peminatan, dan para peserta mendapatkan oleh-oleh dari hasil pelatihan untuk dibawa pulang, kemudian acara ditutup dengan doa bersama. (Ulfi Febriana R.)