Peringati Hari Pahlawan, Siswa SMK Muda Gelar Upacara Dan Baksos Di Makam Pahlawan Bersama Koramil Benjeng

Momentum Hari Pahlawan tahun 2022 diperingati dengan cara yang berbeda oleh siswa SMK Muhammadiyah 2 Gresik (SMK Muda). Tak hanya menggelar upacara secara hikmat, tapi juga mengadakan kegiatan Bakti Sosial di Taman Makam Pahlawan.

Koordinator Acara yang juga Waka Kesiswaan Abdullah Haris, S.Pd mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan pada diri peserta didik. “Tidak hanya dalam bentuk seremonial saja peringatan Hari Pahlawan tahun ini, tapi juga diaplikasikan secara nyata dalam bentuk kegiatan Bakti Sosial di Taman Makam Pahlawan Desa Metatu Kecamatan Benjeng,” ungkapnya.

Baksos Hari Pahlawan SMK Muhammadiyah 2 Gresik

Baksos Hari Pahlawan SMK Muhammadiyah 2 Gresik

Peringatan Hari Pahlawan sendiri sudah menjadi agenda rutin SMK Muda setiap tahunnya. Setelah melaksanakan upacara di halaman sekolah, para siswa yang tergabung dalam Pasmuda (Paskibra SMK Muda) selalu mengadakan kegiatan di Taman Makam Pahlawan dengan didampingi oleh anggota TNI dari Koramil Benjeng.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa membersihkan dan memotong rumput yang mulai tinggi di sekitar makam pahlawan. Tak hanya itu, merekapun juga mengganti bendera yang sudah mulai pudar warnanya dengan bendera baru yang lebih bagus. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan tabur bunga dan doa bersama yang dipimpin oleh Abdullah Haris, S.Pd.

Siswa SMK Muhammadiyah 2 Gresik Tabur Bunga di Hari Pahlawan

Siswa SMK Muhammadiyah 2 Gresik Tabur Bunga di Hari Pahlawan

“Alhamdulillah, kegiatan Hari Pahlawan di SMK Muda Benjeng terlaksana dengan baik. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa terus terlaksana kedepannya. Penanaman nilai-nilai kepahlawanan seperti ini harus diberikan kepada para siswa dengan harapan agar mereka bisa meneladani para pahlawan yang sudah berjasa memerdekakan bangsa ini dengan pengorbanan harta, benda dan bahkan nyawa”, ujar Sertu Untung salah satu anggota Koramil Benjeng yang turut dalam kegiatan tersebut.

Siswa SMK Muhammadiyah 2 Gresik Berfoto Bersama Koramil Benjeng Gresik

Siswa SMK Muhammadiyah 2 Gresik Berfoto Bersama Koramil Benjeng Gresik

Dari siswa sendiri, mereka merasa sangat senang dengan adanya kegiatan seperti ini. “Semua yang kita nikmati sekarang ini tak lepas dari jasa para pahlawan yang memerdekakan negara kita. Sudah sepatutnya kita selalu mengenang mereka dan mengaplikasikan semangat mereka dalam kehidupan sehari-hari”, ujar Martasha Eka Juwita Sari, salah satu anggota Pasmuda bersemangat.

Setelah rangkaian acara selesai, para siswapun menyempatkan diri untuk berfoto bersama dengan Guru, Pembimbing Pasmuda dan Anggota TNI yang hadir. (Syuhud Immawan)