Hadir Sebagai Pembina Upacara HGN di SMK Muda Benjeng, Inilah Pesan Pengurus PGRI Kabupaten Gresik Kepada Warga Sekolah

Ada yang menarik dalam peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di SMK Muhammadiyah 2 Gresik (SMK Muda) pada Jumat (25/11/2022) dimana Drs. H. Achwan Haryanto, M.Pd Sekbid Penilitian dan Pengabdian Masyarakat PGRI Kab. Gresik hadir sebagai pembina upacara.

Dalam amanatnya, pria yang akrab dipanggil Pak Achwan ini menyampaikan banyak hal kepada peserta upacara, diantaranya adalah rasa terima kasih dari Pengurus Besar PGRI pusat kepada pemerintah yang sudah menghargai jasa para pendidik, guru dan dosen, pendidik non formal dan tenaga kependidikan dengan menetapkan hari lahir PGRI sebagai Hari Guru Nasional. “Jangan sekali-kali melupakan Jas Merah,” ujarnya menirukan perkataan Bung Karno.

Pembina Upacara HGN Drs. H, Achwan Haryanto, M.Pd

Pembina Upacara HGN Drs. H, Achwan Haryanto, M.Pd

Setelah membacakan pesan dari PGRI pusat, dia juga menyampaikan pesan kepada guru di SMK Muda. “Dalam mendidik siswa guru harus memiliki sifat sabar dan ikhlas, ketika menemui siswa yang mengalami kesulitan belajar jangan sampai ada perundungan atau bullying kepada siswa yang bisa berakibat trauma psikologis dan bahkan tindak kriminal”, paparnya.

Siswa SMK Muda Memberikan Ucapan Selamat kepada Para Guru

Siswa SMK Muda Memberikan Ucapan Selamat kepada Para Guru

 

Selain itu, pria yang juga merupakan Pimpinan Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Benjeng ini juga memotivasi para siswa untuk memiliki karakter pribadi yang sukses. “Ada tiga syarat utama untuk mencapai kesuksesan, yang pertama kalian harus memiliki sifat jujur atau bisa dipercaya, yang kedua adalah bekerja keras dan yang terakhir adalah kecerdasan. Jika kalian memiliki ketiga karakter ini, insha Allah kalian akan menjadi orang-orang yang sukses di masa yang akan datang,” ucapnya bersemangat di hadapan peserta upacara.

Persembahan Siswa Kelas XII OTKP

Persembahan Siswa Kelas XII OTKP

Momen Hari Guru Nasional sendiri sudah menjadi agenda yang diperingati di SMK Muda setiap tahunnya. Setiap kali melaksanakan upacara HGN, guru dan karyawan sekolah ditunjuk untuk bertugas sebagai petugas upacara. Dengan menjalani beberapa kali latihan, para guru dan karyawan menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Setelah upacara selesai, acara dilanjutkan dengan kegiatan persembahan siswa kepada para guru. Diawali dengan mengucapkan selamat kepada guru mereka, kemudian dilanjutkan dengan pelepasan balon dan diakhiri dengan pembacaan puisi untuk guru dan makan bersama di masing-masing kelas. (Syuhud Immawan)