Pada Rabu 11 November 2020, SMK Muhammadiyah 2 Gresik ( SMK Muda ) kembali menghadirkan seorang Guru Tamu Industri di hadapan para siswa jurusan Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP). Guru tamu kali ini adalah Ibu Feny Antianes Hartono, S.E dari LP3I Surabaya.

Dengan mengambil tema ” Pembelajaran Pelayanan Prima dan Implementasinya di Dunia Kerja”, kegiatan ini dimulai dari jam 08.00 hingga 10.00 WIB. Diawali dengan kata sambutan dari Bapak Kepala Sekolah acara ini dilanjutkan dengan acara inti yakni penyampaian materi oleh ibu narasumber.

Dalam materi yang disampaikan, narasumber yang akrab dipanggil Bu Feno ini mengawali dengan memberikan semangat kepada semua siswa bahwa keberuntungan akan datang ketika kita SIAP dan memiliki KESEMPATAN. “Jika anda ingin menjadi orang yang beruntung di masa yang akan datang, maka anda harus menyiapkan diri anda sebaik mugkin mulai dari sekarang. Begitu ada kesempatan emas, maka kita bisa mengambil peluang itu dengan baik. Begitu banyak peluang kerja di bidang administrasi sekarang ini, tapi sering kali peluang itu tidak bisa kita dapatkan karena kita tidak siap dengan kompetensi kita” ujarnya.

Pada materi selanjutnya, beliau menyampaikan tentang pentingnya pelayanan prima di dunia kerja. “Dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan atau konsumen, kita harus memiliki softskill atau karakter seperti ramah, suka membantu dengan ikhlas, suka menyapa, peduli terhadap orang lain dan murah senyum. Selain itu jangan lupa untuk selalu memperhatikan penampilan kita di depan pelanggan”, sambungnya.

Setelah pemaparan materi selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada kesempatan itu, para siswa begitu antusias memberikan berbagai pertanyaan kepada Bu Feno. Salah satunya adalah Anggun siswi kelas XII OTKP yang menanyakan tentang bobot penilaian Prakerin ketika dia melamar di perusahaan nanti. “Apakah perusahaan juga mempertimbangkan adanya sertifikat Prakerin yang dimiliki oleh lulusan SMK?”

Penyerahan Cinderamata Produk Karya Siswa SMK Muda Kepada Team LP3I

Menjawab pertanyaan ini, Bu Feno menjelaskan bahwa perusahaan sangat mempertimbangkan lulusan SMK yang mempunyai sertifikat Prakerin atau PSG karena seorang lulusan SMK dinilai telah memiliki pengalaman kerja di perusahaan dan ini adalah keunggulan yang tidak dimiliki oleh tamatan SMA. “Untuk itu, kalian harus bisa memanfaatkan dengan baik kesempatan magang kalian. Pelajarilah seluk beluk budaya kerja di perusahaan, kerjakan setiap pekerjaan yang diberikan dengan baik sehingga nilai yang kalian dapatkan ketika Prakerin bisa maksimal, insya Allah ketika melamar pekerjaan, itu akan sangat membantu” sambungnya.

Setelah berakhir sesi tanya jawab. Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata berupa produk-produk karya siswa dari semua jurusan kepada Team LP3I. “Mudah-mudahan kerjasama antara SMK Muhammadiyah 2 Gresik dengan LP3I tetap berlanjut dan ditingkatkan lagi di waktu yang akan datang,” ujar beliau menutup kegiatan ini. (immawan)