Gelar Pemilu Untuk Pemilihan Ketua IPM di SMK Muhammadiyah 2 Gresik.

Skmudagresik.sch.id. Pemilihan Ketua IPM Ranting SMK Muda Benjeng kembali dilaksanakan Rabu, 29 September 2021. Agenda rutin tiap tahun ini untuk diselenggarakan di gedung baru SMK Muda dan berlangsung secara demokratis.

Dalam pemilihan ini, ada tiga calon ketua IPM yang berkompetisi, Teguh Rizqiawan Hadi (X OTKP), Nanda Valentina (X OTKP) dan Tomas Aldy Mahmuqdin (X KI). Ketiga calon ini tampak antusias mengikuti jalannya proses pemilihan mulai dari masa penjaringan, masa kampanye hingga pelaksanaan pemungutan suara.

Meskipun dilaksanakan di tengah kegiatan Penilaian Tengah Semester Ganjil yang sedang berlangsung, tapi tidak mengurangi minat para pemilihnya dalam memberikan dukungan terhadap ketiga calon ini. “Setidaknya ada sekitar 90% siswa dan guru yang berpartisipasi dalam pemungutan suara kali ini, tidak bisa semuanya karena ada beberapa siswa yang sedang mengikuti Prakerin di perusahaan”, ujar Myta Elysia selaku koordinator bagian administrasi.

Proses pelaksanaan kegiatan ini sendiri dilakukan secara bertahap, dimulai pada jam 10.00 pagi ketika siswa yang sudah menyelesaikan PTS sesi I diberikan waktu untuk menentukan pilihannya. Sedangkan siswa yang mengikuti PTS Sesi II diberikan waktu sampai jam 13.00 untuk memilih calon favorit mereka.

Adapun teknik yang digunakan dalam pemungutan suara kali ini adalah mengadaptasi proses Pemilu / Pilkada di TPS. Mulai dari layout ruangan, administrasi hingga standard operasionalnya. Pemilih mendaftarkan namanya, mencoblos di bilik suara, memasukkan kartu suara ke dalam kotak suara dan mencelupkan jarinya ke dalam tinta untuk menunjukkan bukti keikutsertaan mereka. Sedangkan untuk siswa atau yang tidak bisa hadir langsung ke tempat pemungutan suara, diberikan sebuah link khusus untuk memilih secara online dengan tetap menjaga kerahasiaan pemilihnya.

Adha Umar, selaku Ketua Panitia Pemungutan Suara mengatakan bahwa panitia berharap dari proses pemilihan yang mengadopsi sistem Pemilu ini bisa dijadikan ajang untuk belajar melaksanakan pemilihan yang demokratis. “Prinsipnya, kita ingin pemilihan ini bisa berlangsung secara langsung, jujur, adil dan rahasia sehingga bisa terpilih ketua IPM yang betul-betul merupakan representasi dari siswa secara keseluruhan” ujarnya.

Dalam pemilihan Ketua IPM Periode 2021-2022 ini, dari hasil penghitungan suara akhirnya Teguh Rizqiawan Hadi terpilih sebagai Ketua IPM SMK Muda Benjeng dengan meraih suara terbanyak sejumlah 91 suara sah tidak terpaut banyak dengan calon lainnya.

Ketika dimintai tanggapannya tentang hasil ini, Teguh mengatakan bahwa dirinya siap mengemban amanah sebagai Ketua IPM periode ini. “Dengan dukungan semua teman-teman, Bapak Ibu Guru dan pihak sekolah, mudah-mudahan kami bisa membawa IPM untuk lebih baik dari periode sebelumnya dalam melaksanakan visi dan misi organisasi”, ungkapnya dengan semangat.

Sementara Bapak Kepala Sekolah, Syuhud Immawan menyampaikan harapannya agar Ketua IPM harus bisa menjadi motor penggerak organisasi yang bisa melaksanakan program kerjanya secara tuntas. “Jangan sampai hanya bersemangat di awal, begitu ada masalah dalam organisasi lalu menjadi melempem. Kalau dikerjakan secara kompak, insya Allah akan selalu ada jalan dalam meyelesaikan masalah dalam organisasi. Ketua harus pandai menggerakkan semua potensi yang ada dalam organisasi sehingga akan berdampak juga pada kemajuan sekolah”, ujarnya di akhir sambutannya. (Immawan).

Tanda bukti Ibu Guru telah memilih
Tanda bukti siswa telah memilih