Panen Perdana Kebun IPM SMKMUDA
Siapa menanam dialah yang mengetam. Peribahasa ini mungkin sangat tepat ditujukan kepada siswa-siswa yang tergabung dalam IPM SMKMuda. Setelah bersusah payah membersihkan, mengolah sampai menanami lahan di samping sekolah, akhirnya satu bulan berikutnya mereka bisa menuai hasilnya yakni panen kangkung perdana. Meskipun pada panen perdana ini tidak begitu banyak hasilnya, namun hal ini sangatlah menyenangkan bagi mereka. Paling tidak mereka mampu membuktikan bahwa apa yang mereka kerjakan telah membuahkan hasil yang sangat memuaskan untuk tahap awal.
Sekitar 150 ikat kangkung yang mereka panenpun ludes terjual dalam hitungan jam. Semua anggota IPM dilibatkan dalam panen perdana ini. Para Ipmawan memotong kangkung sedangkan Ipmawatinya giat mengikat dan menjual hasil panen tersebut. “Alhamdulillah sangat memuaskan, semua kangkung ludes terjual dan bisa menambah kas IPM tentunya”, ujar Adha Umar sang ketua IPM SMK Muda. Bapak Ainul Yaqin selaku Waka Kesiswaan pun tak kalah sumringahnya, betapa tidak anak bimbingannya telah berhasil mewujudkan salah satu program kerja IPM dalam hal kewirausahaan. Beliau berharap agar para siswa tidak hanya yang tergabung dalam IPM saja yang terlibat dalam kegiatan berkebun ini. “Kita berharap ini menjadi contoh bagi siswa lain untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tentunya sangat bagus jika semua siswa SMKMuda juga dibekali dengan life skill seperti ini”, demikian ujarnya.
Setelah panen usai, beberapa ikat kangkung yang  telahdisiapkan untuk dimasak bersamapun segera dikerjakan oleh beberapa guru dan siswa. Mereka bahu membahu meracik bumbu dan memasak lauk pauk untuk dimakan bersama siswa dan guru. Aroma Cah Kangkung yang mengundang selera itupun mampu menarik perhatian sejumlah siswa untuk mendekat. Tak berapa lama, masakan sudah siap dan makan bersamapun dimulai dengan suasana yang menyenangkan.
(immawan syuhud)