Kreativitas Siswa Di Bidang Bisnis Online
Membicarakan kreativitas siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memang tak kan ada habisnya.
Tak percaya? Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Gresik Bapak M Fadloli Aziz SSi MPd telah membuktikannya.
Saat berkunjung ke SMK Muhammadiyah 2 Benjeng Gresik, Pak Aziz—panggilan akrabnya—kagum saat masuk ke laboratorium komputer. “Terlihat beberapa siswi sedang mengerjakan proyek di ruang itu. Mereka membuat proposal pengadaan perlengkapan UKS kepada Puskesmas Benjeng dan proyek untuk kegiatan kewirausahaan,” ujarnya.
Dalam kunjungan itu, Pak Aziz dikejutkan oleh siswi asal Desa Mantup Lamongan Putri Yulia yang tiba-tiba menyapanya. “Pak, kami punya bisnis online jual coklat, assesoris hp, dan jilbab,” sapanya sembari memberikan nama akun instagram untuk berjualan.
Berbeda halnya dengan Maysah yang suka pada alat-alat outbond. “Kami juga menawarkan melalui online, persewaan untuk perlengkapan outdoor dan pecinta alam,” ucapnya.
Bapak Kepala SMK Muhammadiyah 2 Benjeng Gresik menyampaikan dukungannya terhadap kreativitas siswanya. “Anak-anak itu bakatnya macam-macam. Selain bisnis online, di sini juga ada komunitas fotografi dan videografi. Mudaf nama komunitasnya,” paparnya.
Beliau mengaku telah menyusun rencana pengembangan bakat siswa-siswinya. “Tahun depan saya ingin mengundang pakar marketing bisnis online untuk mengasah ketrampilan dan motivasi anak-anak,” harapnya.