Giat Vaksinasi Pelajar di SMK Muhammadiyah 2 Gresik untuk Persiapan Sekolah Tatap Muka

Kamis (16/9), telah diadakan giat vaksinasi Covid-19 program pemerintah dari Puskesmas Benjeng untuk siswa SMK MUDA yang berlangsung di lingkungan SMK Muhammadiyah 2 Gresik. Giat vaksinasi tersebut ditujukan untuk kelas X, XI, dan XII, walaupun kelas XII sedang dalam kegiatan prakering atau magang. Tidak hanya siswa SMK MUDA yang melangsungkan kegiatan vaksinasi di lingkungan SMK Muhammadiyah 2 Gresik, seluruh siswa SMP Muhammadiyah 8 Benjeng pun mendapatkan vaksinasi pada hari kamis (16/9). Kegiatan tersebut berlangsung secara bergiliran.

Jenis vaksin yang diberikan untuk pelajar usia 12-17 tahun ini adalah jenis CoronaVac atau biasa disebut dengan SinoVac. Kegiatan vaksinasi tersebut dimulai dari pukul 7.30 sampai sekitar pukul 10.30 WIB untuk  siswa SMK MUDA, dan dilaksanakan dengan beberapa sesi urutan kelas agar tidak menimbulkan kerumunan. Siswa yang akan melakukan vaksinasi diwajibkan membawa fotokopi KTP atau Kartu Keluarga guna melengkapi syarat registrasi.

Rangkaian tahapan kegiatan vaksinasi yang dilakukan adalah:

  1. Registrasi (Pengisian formulir data siswa sesuai NIK)
  2. Meja screening (dilakukan pengecekan suhu, tekanan darah, dan hal-hal terkait agar dapat melanjutkan ke proses vaksinasi)
  3. Meja injeksi (proses vaksinasi berlangsung)
  4. Observasi (input data pasien yang selanjutnya akan mendapatkan sertifikat vaksinasi)

Tahapan kegiatan tersebut juga berjalan dengan adanya konstribusi dari Bapak Ibu Guru pada bagian regristasi serta pengondisian siswa menuju meja screening dan injeksi. Vaksinasi yang dilakukan ini diberikan pada siswa SMK MUDA yang sedang dalam keadaan sehat. Terdapat beberapa siswa yang tidak mendapatkan vaksin di meja injeksi, karena pada saat di meja screening, siswa-siswa tersebut menyampaikan keluhan sakit yang sedang diderita.

Beberapa siswa mengatakan bahwa vaksinasi yang dilakukan tidak terlalu menakutkan. “Alhamdulillah lancar, InsyaAllah baik-baik saja bu. Nggak sakit kok hehe” ungkap Aldy Nurosyah siswa kelas X KI SMK MUDA. Begitu pula dengan beberapa ungkapan dari kelas X OTKP yang mengakatakan bahwa sejauh ini tidak ada keluhan sakit yang dirasakan.

Semoga giat vaksinasi ini dapat memberikan rasa aman pada siswa, serta membentuk kekebalan  tubuh atau herd immunity untuk pencegahan terhadap penularan Covid-19, dan para peserta didik dapat segera menjalankan pembelajaran sekolah tatap muka seperti sediakala dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.