Semarak Darul Arqam Ramadhan di SMK MUDA

Mulai Rabu, 6 April 2022 SMK Muhammadiyah 2 Gresik telah mengadakan beberapa rangkaian kegiatan yang sangat bermanfaat di bulan Ramadhan. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan di SMK MUDA antara lain, Darul Arqam, kelas industri, sebar da’i, berbagi takjil, dan buka bersama. Kegiatan-kegiatan tersebut diadakan dan dilaksanakan untuk menyemarakkan kebahagian serta berburu pahala di bulan suci Ramadhan kali ini.

Setelah seluruh siswa SMK MUDA mendapatkan libur awal puasa selama 5 hari, mereka mendapat jadwal kegiatan yang akan dilaksanakan pada bulan Ramadhan ini. Kegiatan awal yang dilaksanakan di SMK MUDA yaitu Darul Arqam yang terjadwal untuk kelas X mulai tanggal 6-12 April 2022, sedangkan kelas XI dan XII pada tanggal tersebut mendapat jadwal kegiatan pelaksanaan kelas industri.

Maka dari itu, kegiatan Darul Arqam adalah kegiatan yang dirolling secara bergantian. Kegiatan Darul Arqam adalah kegiatan yang berisi pelaksanaan sholat dhuha berjamaah, penyampaian ceramah atau materi dari Ustadz di SMK MUDA, mengaji semakan Al-Quran bersama Bapak/Ibu guru pendamping, serta hafalan surat-surat Al-Quran dan berbagai macam bacaan doa.

Pada tanggal tersebut juga terdapat kegiatan sebar da’i yang dilaksanakan di masjid-masjid luar sekolah oleh perwakilan siswa SMK MUDA yang didampingi Bapak guru SMK MUDA. Para siswa yang mewakili SMK MUDA untuk melaksanakan sebar da’i antara lain, Syam Gigih dari XI DKV, Teguh Rizqiawan dari X OTKP, Aldy Nurosyah, M. Fathir Al Fatah, Dhoro Yacti dari X KI, Maulana Fiqy dari X DKV, dan Rangga Aditya dari XII OTKP.

Selanjutnya pada tanggal 13-20 April 2022 adalah bagian dari kelas XI untuk melaksanakan kegiatan Darul Arqam. Sama seperti halnya kelas XI ketika kelas X Darul Arqam, kelas XI melaksanakan kelas industri, maka ketika kelas XI melaksanakan kegiatan Darul Arqam, giliran kelas X lah yang mendapatkan kelas industri. Tak hanya berhenti pada kegiatan  tersebut, kegiatan sebar da’i dan berbagi takjil juga tetap terlaksana.

Kegiatan berbagi takjil, dilakukan oleh kelas X dan kelas XI di hari yang berbeda, tentunya kegiatan tersebut selalu bekerja sama dengan ekstrakurikuler di SMK MUDA, seperti IPM, SISPALA, HW, dsb. Pembagian takjil ini beberapa kali selalu dilaksanakan di depan SMK MUDA, tetapi adapula tim PASMUDA yang telah melaksanakan kegiatan berbagi takjil di depan koramil Benjeng. Kegiatan tersebut berlangsung dengan adanya bantuan dari bapak TNI yang turut serta membagikan takjil kepada masyarakat yang lewat di depan koramil.

Seluruh kegiatan Darul Arqam tersebut akan ditutup dengan kegiatan buka bersama pada Sabtu, 23 April 2022. Semoga semarak Ramadhan dengan kegiatan Darul Arqam dapat bermanfaat untuk seluruh warga SMK MUDA dan masyarakat sekitar, serta mejadi wadah bagi siswa-siswi SMK MUDA dalam memantapkan pemahaman terkait ilmu agama dan mengamalkannya dalam kehidupan. (Ulfi Febriana R.)

Berikut dokumentasi kegiatan-kegiatan semarak Ramadhan di SMK MUDA :